Saturday, April 2, 2016

Quarter Life Crisis

Sekitar 3 tahun yang lalu, gue lupa tepatnya kapan, seorang teman dekat yang berusia 5 tahun lebih tua dari gue bilang sama gue "Gue lagi ngalamin quarter life crisis nih, ndah!". Actually dulu gue ga tau sama sekali apaan itu quarter life crisis, dan itu adalah kali pertama gue mendengar kalimat yang kayak judul buku itu. Akhirnya gue googling lah. ternyata google emang moyangnya kamus yaa... semua penjelasan tentang quarter life crisis ada disitu. Setelah temen gue itu curhat panjang lebar disertai dengan kata-kata "gue tuh gini, tapi gue tau sih kenapa gue gini, cuma gue tuh bingung aja". Bingung ga lo jadi gue? Alhasil, gue cuma dengerin dia sambil bilang "ya lo sabar aja kalo gitu" --> pernyataan ini sama sekali ga nyambung sama cerita panjang lebar si temen gue itu.

Setelah gue hampir melupakan kalimat dan topik tentang quarter life crisis, beberapa hari lalu gue tiba-tiba aja keinget lagi. YA! Gue ngerti sekarang apa itu quarter life crisis! *definisinya bisa lo liat lebih lengkap di google*. I understand coz i feel it! Pernah ga sih lo ngerasa lo ada di titik lo ga tau mau ngapain, it means lo ga tau apakah setiap keputusan yang lo ambil udah bener atau belum, apakah keputusan yang lo ambil itu bakal bikin masa depan lo jadi lebih baik, atau pertanyaan-pertanyaan tentang buat apa sih lo ngelakuin satu hal. YAP! Gue lagi ada di titik itu. Belakangan gue bingung sama diri gue sendiri. Tentang passion gue, tentang pendidikan gue, dan tentang masa depan gue. Beberapa kali gue ngerasa ga mampu, self-esteem gue jatuh banget. But sometimes gue ngerasa mampu banget, hebat banget, pinter banget. Gue banyak berpikir tentang:

"Ngapain sih gue kuliah S2?""Kenapa sih gue mesti ngambil psikologi?""Kenapa gue ga kerja aja ya?""Eh tapi, emangnya kerja lebih enak ya?""Ya Allah kasih saya rejeki lewat photo shoot dan makeup artist dong, saya ga punya uang!""Ya Allah pengen nikah ajaaa :(""Deuh punya pacar kerjaannya main DOTA mulu, kapan lulus kuliahnya? Kapan nikahin guenya?""Kenapa sih susah banget nyuruh dia (read: pacar) solat?!"

See? Banyak banget hal yang gue pertanyakan dan khawatirkan.  Permasalahannya adalah gue nanya itu semua sama diri gue sendiri, artinya ya cuma gue yang bisa jawab. Tapi sebelum gue jawab, sebenernya itu bukan pertanyaan yang perlu. Mungkin hal itu muncul karena rasa khawatir gue. That's why gue ngerasa ini yang namanya quarter life crisis. Krisis seperempat kehidupan, seharfiah itu.

Tahun ini umur gue memasuki angka 24, yang hampir mendekati 1/4 kehidupan (kalo diitung hidup gue 100 tahun). Dan seinget gue dari google juga, krisis ini memang terjadi di usia sekitar 24 atau 25 (dan sekitarnya). Katanya, hal ini adalah hal yang biasa terjadi sama siapa aja, dan setiap orang punya tahapan dan kekhawatiran yang berbeda. Gue ga tau sih endingnya bakal gimana. Apakah akhirnya semua pertanyaan gue bakal gue jawab atau semua kekhawatiran itu bakal ilang gitu aja seiring waktu.

Well, buat lo yang sama-sama sedang merasakan hal kayak gue gini... saran gue... apa ya? *mikir*. Yaaah... nikmatin ajalah, hikmahnya mungkin disini lo diajarin untuk bisa lebih berserah dan pasrah sama Tuhan. Harus lebih banyak berdoa dan beribadah biar hati lo tenang. Dan intinya! Jangan pernah nyesel sama keputusan yang udah lo ambil. Setiap keputusan ada konsekuensinya dan bertanggungjawablah untuk menerimanya *self talk sih haha*.

HAPPY QUARTER LIFE CRISIS!

0 comments:

Post a Comment

 

deepest mind Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang